Feb 18, 2013

Karma Presentasi

Pernah mengisi acara? atau menjadi pembicara di seminar? atau presentasi di depan kelas?
Pernahkah sebal karena tidak ada yang mendengarkan, audience pada sibuk ngobrol sendiri, sibuk ngecek facebook, sibuk tidur, dll?
Kalau pernah, mungkin yang perlu dicek itu bukan hanya materi presentasi atau cara penyampainnya, tapi juga yang perlu diperbaiki adalah bagaimana sikap kita sendiri saat mendengarkan orang lain berbicara.
Terutama saat Khotbah !
Kita ambil contoh pada saat khutbah jumat, banyak banget kan yang pada tidur pada saat khotib membacakan khotbah, mungkin kita termasuk di dalamnya. Misalnya khotib tersebut benar-benar menguasai isi khotbah (ga melulu baca buku kumpulan khotbah jumat populer) & bisa menjelaskan dengan baik disertai dengan referensi kepada Al-Quran atau Hadist, lalu kita tidur...zzzz, ya kebangetan !
Secara logika, khotib bisa disebut sebagai "pembawa pesan" dari Tuhan, untuk disampaikan kepada kita. Pesan ini disampaikannya seminggu sekali, lalu kita dengan seenaknya tidur pada saat "Pesan dari Tuhan" ini disampaikan. Jadi, ga berlebihan seandainya ada karma yang berbalik kepada kita: audiens presentasi kita pada tidur, sibuk sendiri, bahkan meninggalkan tempat.
Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment